Jumat, 15 Oktober 2010

Ocehan Pagi - Filsafat?

Pagi ini pagi yang baru, selamat pagi ...
Jelas hari ini merupakan pagi yang baru, setiap hari kan baru! haha
http://www.emocutez.com

Nevermind, tidak penting juga memperdebatkan hal sesepele dan se-tidak-jelas itu. Ngomong-ngomong soal 'memperdebatkan' dan 'hal sepele dan tidak jelas' gue jadi teringat akan buku yang sempet gue baca semalam. Judul bukunya Pengantar Filsafat.


Dari judulnya aja sebenernya udah bisa ketebak bahasannya apa. Yang jelas ini bukan buku fiksi jadi ya sarat akan ilmu pengetahuan.. dibilang ilmiah bisa, lah. Oh ya statement gue di kalimat akhir barusan itu bukan men-judge kalau buku fiksi itu nggak sarat ilmu pengetahuan, banyak kok buku fiksi yang sarat pengetahuan cuma bedanya ya kalau buku non-fiksi lebih jelas dan tuntas dalam mengupas suatu permasalahan/ide pokok pembahasannya. Jadi, pembahasannya jauh lebih akurat dan mendalam dan disertai dengan fakta yang aktual.


Baru paragraf 2 aja udah mulai berasa jadi guru Bahasa Indonesia, ya ampun haha
Yah intinya itu buku non-fiksi gitu deh
[titik]



Dalam buku itu dipaparkan kalau yang namanya filsafat itu merupakan suatu kegiatan berpikir yang rasional, sistematis dan ... *jleb* maaf saya lupa hehehe.


Intinya ya, filsafat itu merupakan cikal bakal yang namanya ilmu pengetahuan. Kalau kalian masih ingat tentang Hukum Pascal di pelajaran fisika; diagram Cartesius di pelajaran matematika; Hegel, Imanuel Kant dan John Locke yang namanya hampir selalu muncul di pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (yah.. khususnya sih pas bahasan ideologi atau hal-hal berbau tata negara dkk itu lah). Nah bisa dilihat sendiri itu baru segelintir ilmu yang kita dapat di sekolah sebagai hasil dari filsafat.


Blaise Pascal dengan hukum Pascal-nya, Rene Descartes dengan diagram Cartesius-nya, John Locke dkk dengan asumsinya terhadap hakikat negara, politik, dan hukum. Ada banyak lagi di luar sana tokoh-tokoh (filsuf) yang hasil pemikirannya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan ditanamkan melalui materi pembelajaran di sekolah.

Hey, kenapa jadi membahas filsafat gini? hahaha ok jujur gue ada sedikit umm nggak sedikit sih tapi yah lumayan banyak lah ketertarikan terhadap ilmu filsafat itu. Terlihat seru! Eh eh tulisan gue tentang filsafat di sini memang rada berantakan, jadi nanti gue bikin posting baru deh tentang apa itu filsafat dan pengaruhnya dalam kehidupan kita :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar