Minggu, 07 November 2010

Curahan Hati Seorang Ayah

Hari ini, malam ini tepatnya. Di kala gue menatap layar komputer dan menjelajah dunia maya (seperti biasa) gue kedapetan seorang tamu. Masih sodara sama gue dan yah.. umurnya jauh lebih tua dari gue lah yang pasti kalau diibaratkan gue anak turunan ke-3 berarti beliau itu anak turunan ke-2 alias tingkatannya jauh di atas gue. Hmm ribet ya? Yah anggap aja beliau sodara orang tua gue. Gue panggil dia dengan sebutan om.

Om yang satu ini sebenarnya sudah sering banget main ke rumah gue. Ngajarin gue juga untuk beberapa hal, nah salah satunya tentang kehidupan! Ya, kehidupan. Melalui curahan hatinya pas lagi cerita sama gue.

Sebenernya banyak banget yang bisa dijabarin kalau gue harus cerita panjang lebar kali tinggi dst. Tapi ada satu hal yang gue dapet dari hasil perbincangan yang gue malem ini, kasih sayang. Spesifikasinya, kasih sayang seorang ayah pada anaknya.

Seorang ayah itu butuh kerja ekstra untuk hidup. Pertama, mereka (kaum ayah) harus bekerja mencari nafkah untuk keluarganya. Kedua, harus pinter-pinteran membagi waktu antara kerjaan dengan keluarga. Lalu, perhatikan anak! Mungkin terlihat simple. Ya, biasa banget. Emang gitu kan kerjaanya seorang ayah? ... Itu bagi yang memiliki pekerjaan. Kalau nggak?

Ini dia masalah yang berat.

Seorang ayah sudah semestinya dan sepantasnya mencari nafkah untuk keluarga dengan bekerja. Tujuannya? mencari uang untuk keperluan keluarga, ga usah yang muluk-muluk deh.. paling penting untuk makan, bayar tagihan telpon dan listrik, uang sekolah anaknya. Mungkin (lagi-lagi) terlihat sangat sepele dan biasa. Tapi, sadarkah kita kalau itu bukan hal yang gampang, kawan.

Kalau seorang pria dewasa yang memiliki satu atau lebih anak tidak mempunyai pekerjaan, bagai mana? Mudah kah untuk memenuhi hal-hal di atas? Masih ada kah sisa uang yang dapat ditabung dan untuk memuaskan diri sendiri? Kalau pun ada, apa iya cukup untuk berhari-hari. Berbulan-bulan? Ok, gue yakin ini hanya pertanyaan relatif saja. Pengandaian.

Mereka yang tidak memiliki pekerjaan tetap (pedagang asongan, tukang sapu, tukang pos, dan masih banyak lagi) harus bekerja jauh lebih keras. Pengorbananya jauh lebih besar! Bayangkan saja, seorang tukang sapu yang bekerja berjam-jam di bawah teriknya matahari berjam-jam hanya mendapat gaji puluhan ribu rupiah. Mentok yah Rp 100.000,- lah. Itu pun nampaknya gaji bulanan. Kalau saja mereka mempunyai tanggungan yang banyak.. hmm 1 orang istri dan 1 orang anak saja lah, satu bulan 30 hari. Sehari makan untuk 3 orang. Hmm apa layak gaji segitu untuk memnuhi kebutuhan hidup?

Pasti orang banyak berpikiran, "yah siapa suruh jadi tukang sapu.."

Hey! Memang ada orang yang mau kerjanya jadi tukang sapu? Mereka bekerja seperti itu ya karena mereka hanya memiliki kemampuan dan kesempatan untuk hal itu. Jadi jangan men-judge juga lah kaya gitu.. Pemilihan kalimatnya ga enak dan ga etis banget. Yah, miriplah dengan wakil kita di dewan sana. Bencana alam kok salah warganya yang tinggal di daerah itu? Ngawur banget itu orang, ngomong kok ga mikir .___. (sorry random)

Orang yang punya kerjaan aja sulit, yang ga punya juga pasti ekstra sulitnya. Tapi yah kembali lagi, semua sudah ada jalannya masing-masing. Jadi, tinggal bagaimana orang tersebut mejalaninya :)

Tapi serius, sulit. Kita sebagai anak-anak apakah pernah sadar akan hal seperti ini? Betapa sulitnya bekerja keras untuk kebutuhan keluarga. Pulang larut, atau bahkan sampai sulit bertemu dengan kita. Ayah terlalu sibuk? Hmm kehidupan metropolitan, pasti ada aja hal-hal kaya gini. Bersyukurlah kita yang masih memiliki kasih sayang seorang ayah yang masih sempet nanyain kabar kita, menegur kita kalau salah, marahin kita di saat kita memang salah, menemani kita atau paling simpelnya, masih inget dengan ulang tahun kita dan ngasih ucapan.

Oh ya, tau kah kalau lebih berat bagi seorang ayah untuk jauh dari anak perempuannya dibanding anak lelakinya? Itu fakta! Bahkan dari cerita om gue itu gue jadi ikut mikir kalau ternyata ga selamanya overprotective itu menyebalkan! Memang ga enak kalau dikekang gitu kesannya, tapi semua itu dilakukannya karena begitu besar kasih sayangnya sama kita :D

Satu hal lagi, beliau mengajarkan gue kalau sebagai anak harus selalu hormat sama orang tuanya, yah sejelek-jeleknya mereka di mata orang lain, di mata kita sekalipun (yah apa pun) kita WAJIB untuk hormat dan mengasihi mereka :)


Karena kita ada di dunia dititipkan oleh-Nya pada mereka, orang tua :)

Ini refleksi apa curhat ya? haha. Yah apa pun itu gue bener-bener terdorong buat menuliskan di blog gue soal penafsiran gue tentang hasil perbincangan sama om gue. Semoga om bisa jadi ayah yang baik ya om. Semoga juga gue dan siapa pun yang baca blog gue, khususnya postingan ini bisa menjadi anak-anak yang hormat dan mengasihi kedua orang tuanya :)

8 komentar:

  1. betul banget itu hahaha, mungkin dalam bayangan kerjaan ayah tuh sepele, tapi capeknya minta ampun gila, apa lagi kae bokap w, kerja dari pagi ampe malem, belom pulang kalo macet kaki pegel gonta ganti kopling gas rem kopling gas rem ckckck capek emang berat itu

    fact yang lain juga bener tuh kalo bokap ga bisa jauh dari anak perempuan, anak perempuan tuh paling di sayang sama bokapnya, mau taku tentang fact kasih sayang bokap sama anak perempuannya?? ada linknya nih hahaha

    soal yang dewan, itu salah pemakaian kata kaenya, w ngerti maksud aslinya apa itu hahaha

    BalasHapus
  2. Yah soalnya rata-rata banyak orang tua terutama ayah kan pulang malem, kadang sampe jarang ketemu anaknya. Paling pas Sabtu-Minggu. Itu pun kalau ada di rumah. kan sering tuh ada yang ayahnya kerja pagi-pagi udah berangkat terus ga sempet ketemu anak, eh pulangnya larut jadi pas pulang anaknya mungkin udah tidur. Komunikasinya juga pasti sulit. Jadi ga heran kalau ada anak yg sensi sama ayahnya. Padahal kalau tau ya jadi seorang ayah tuh ga gampang!

    Perlu kerja keras, semangat pantang-nyerah, pinter bagi waktu buat keluarga dan kerjaan, dll.

    Wah, iya? Mau dong link-nya hehe.

    Yah tapi masa sampe segitunya, dia kan punya jabatan penting. Kalau sampe salah ngomong nggak cuman menjatuhkan citra dia seorang, anggota dewan lain juga kena. Apalagi dia ketua dewan, pasti kan banyak orang (teruta korban) yg mikir kenapa sampe tega gitu? Siapa yg pengen ada bencana coba -___-

    Hmm maksud aslinya emang apa? Gue nyari ga nemu-nemu hehe.

    BalasHapus
  3. Iya, kasihan banget. Macet tuh juga udah ga ngira-ngira. Di mana aja bisa sekarang. Apalagi kalau bokap cuma sendirian, kasihan banget itu setiap hari. Hmm tapi yah memang kerjaannya gitu.

    Sebagai anak yah kita harus ttp hormat, terus juga jangan sampe ngebantah atau ngelawan kalau dinasehatin. Simple tapi pasti bokap lo juga bakal seneng :)

    BalasHapus
  4. ia tuh ckckck emang super berat jadi bokap, yah nyokap juga sih capek juga hehehe

    http://archive.kaskus.us/thread/3006504 tuh dan terbukti itu saya sudah melihat bukti nyata hahaha

    hahaha yah ia juga sih, yah emang dia udah banyak jadi omongan haha

    maksud aslinya tuh mungkin "itu sudah resiko tinggal di daerah situ" ini kata alus dari yang asli, yah mungkin dia ga kepikiran ke bahasa yang itu, maklum dia kan juga manusia hahaha

    (yang pernyataan dia paling gila tuh yang pembuatan kolam renang di gedung ... tuh untuk cadangan air jikalau ada kebakaran hahahaha)

    BalasHapus
  5. ia tuh terkadang kalo ngebayangin kasian banget rasanya ckckck

    ia ia harus hormat, selama ini sih aku selalu dan ga pernah bantah bokap hahaha

    BalasHapus
  6. Iya bener bener, nyokap juga ga kalah susah. Hmm kesimpulannya kalau udah dewasa dan jadi orang tua, kita tuh dituntut untuk lebih mandiri, kerja keras dan bertanggungjawab :)

    Wah makasih link-nya nanti kubuka deh hehe. Ha? Bukti nyata?

    Iyalah kan pers Indo juga gampang menyajikan berita haha.

    Ooh iya juga sih ya hehe ga kepikiran hehe. Hmm berarti dia harus banyak baca, supaya diksi-nya bertambah. Soalnya kan salah diksi bisa berarti lain. Iya sih iya, hehehe abis geregetan aja gitu :P

    (iya? wkwkwk aneh -__- orang kepinteran banget wkwkwk. Liat dari mana?)

    BalasHapus
  7. Iya lah pasti hmm hidup kalau nggak berat bukan hidup namanya.

    Hehehe sama nyokap juga ya :) hehehe ;P

    BalasHapus
  8. ia betl tuh ahaha

    sip deh hehehe, ia buktinya papa ku gelisah gitu pas adek sama mamaku pergi ke luat kota hahaha

    yah gitu deh hahaha

    hahahaha yah :P

    (ia hahaha waktu itu liat di procative proactive hahaha)

    betul betul hehehe

    amin amin hahaha :P

    BalasHapus