Selasa, 19 Oktober 2010

TERSERAH

Masalah 1

Q: Kok lo nge-junk di blog lo sendiri sih?

A: Sebenernya gue ga mau nge-junk di blog gue sendiri. Tapi ya terserah gue kan?


Masalah 2


Q: Gue mau makan tapi bingung antara makan kue atau nasi, padahal bentar lagi gue olahraga. Menurut lo gimana?

A: Ya.. terserah lo aja itu, kan yang makan lo.


***

Lihat kata berwarna merah di atas? Ada dua kan? Nah sebenernya kedua kata itu sama. Baik secara penulisan atau pun arti dari kata tersebut, kalau kita hanya membaca satu kata itu saja tentu memiliki arti yang sama.

Tapi coba perhatikan kedua masalah di atas! Kalau dibaca dan dicermati baik-baik pasti bisa terkesan beda maknanya.. padahal sama-sama mengekspresikan tanggapan/respon.

Gini nih..

Jadi kalau di masalah 1 itu situasinya menyangkut diri kita sendiri.
Ketika ada orang bertanya pada kita dan kita menjawab dengan kata terserah
(sehalus apa pun cara kita mengucapkannya)
Akan terkesan sangat egois.


Kenapa?

Karena saat itu juga ketika kita menggunakan kata terserah kita seolah-olah menggunakannya untuk menyanggah apa yang orang lain pikirkan terhadap sesuatu yang terjadi pada diri kita. Kalau dari masalah satu sih gini:
  • Orang lain itu kan simpati dengan kita dan bertanya mengapa kita nge-junk di blog kita sendiri, berarti kan secara tidak langsung orang itu peduli sama kita sampai-sampai dia mempertanyakan hal yang janggal tentang postingan blog kita.
  • Tapi karena kita menjawab terserah bisa jadi orang lain berpikiran kita tuh sombong banget ga mau menghargai tanggapan atau pendapat orang lain, jadi kesannya di sini kata terserah itu menunjukkan keegoisan kita.
  • Egois? Semua orang wajar kok egois karena memang dasarnya manusia memiliki sifat egois sejak dilahirkan. Tapi kalau egoisnya berlebih itu yang tidak baik.

Kalau dalam masalah 2 beda lagi nih
Kata terserah itu jadi seolah-olah menunjukkan sikap cuek kita yang masa bodo
Yah egois juga sih sebenernya


Kenapa?


Karena saat itu juga kata terserah mengekspresikan kalau kita tuh ga mau peduli dengan masalah orang lain yang sebenernya orang itu butuh saran/pendapat kita. Yah walau mungkin kita nggak bermaksud seperti itu (mungkin maksud aslinya ingin memberi kebebasan pada si empunya pertanyaan) tapi tetep aja kurang sopan kalau cuma bilang terserah, apalagi kalau nggak di kasih sedikit komentar. Misalnya lo bilang,

"menurut gue sih lo makan nasi aja soalnya kan abis ini lo mau olahraga tapi ya terserah juga sih.."


Dengan lo ngomong kaya gitu pasti orang yang nanya ke lo seneg deh soalnya lo mau care dan yah bisa dibilang mau mikirin lo, ngebantu lo, dengan hal sekecil itu. Percaya apa nggak, banyak kok orang di luar sana yang masih menghargai pendapat orang lain.. sekecil apapun pendapat yang lo kasih itu! Yah masalah keputusan dia itu sejalan sama pendapat lo apa nggak itu sih urusan belakangan.. yang penting lo udah mau ngebantu orang itu.

Pernah terpikir ga sih kalau orang minta pendapat kita itu kenapa? Terus kenapa nanya nya harus sama kita? Kenapa nggak ke orang lain aja?


Apalagi kalau sampe ada orang yang nanya ke kita tuh sampe berulang kali karena kita nggak ngejawab atau ngasih jawaban yang nggak sesuai harapan dia (iya/nggak bukannya terserah)

Itu artinya kita berarti banget bagi orang itu. Keberadaan kita diakui dan disadari. Yang terpenting kita itu dihargai :)

Orang itu percaya dengan kita, dengan pendapat kita dan pemikiran kita. Bisa juga dibilang kalau kita tuh bisa diandalkan bagi mereka. Bangga kan kalau lo bisa jadi kebanggan orang lain? Dianggap sebagai orang terpercaya apa nggak senang? Namun sayangnya kadang kita ga peka sama hal-hal sesepele ini. Mungkin bagi kita orang itu nyusahin aja karena mempertanyakan hal yang sepele banget dan kayanya ga ada hubungannya deh dengan kita. Atau lo mikir, itu kan dia yang bakal jalanin pasti dia lebih tau lah mana yang baik buat dia jadi ya coba jawab sendiri aja bisa kan?

Nah, kalau lo berpikiran gitu lo rugi!

Lo udah membuang kepercayaan orang itu.
Lo udah mengecewakan orang itu.
Lo udah berhasil mengasah sifat egois lo
Congrats for your failure way to be a good friend!

Nah nggak mau ngecewain orang lain kan?
Kurangi merespon dengan kata terserah dan coba untuk lebih peka :)

Eh eh gue belum buat PR nih sebenernya, main posting blog aja ya haha #curcol? hahaha :P
Duh kok jadi ngebahas soal terserah sih? Kenapa deh lo Ping? Ping? hahaha.. dan jawabannya:

T-E-R-S-E-R-A-H-!

Eh coba lo hitung deh ada berapa kata terserah di postingan ini?
hahaha
wkwk yah blablabla wkwk

Night all, wanna do my home work asap so see ya ;)

___________________
enjoy your day reading :)

4 komentar:

  1. waktu itu sebenernya ada alesannya knp ngomong terserah hehehe

    BalasHapus
  2. hehehe udah gpp kok ini post kan cuma untuk merefleksikan diri aja hehe :)

    btw makasih komentarnya.. sering-sering ya *ngarep* hihi :p

    BalasHapus
  3. hahaha ok ok kalo saya berkenan komen yang paling saya komen kok hahaha

    BalasHapus