Senin, 01 Juni 2009

Bahasa Cruyffyan yang Melegenda

Taukah kalian mengenai salah satu legenda hidup dalam dunia sepak bola yang satu ini?? Johan Cruyff. Salah satu dari keduapuluh dua pemain yang membantu squad "Negri Kincir Angin" melaju ke babak final pada FIFA WORLD CUP 1974 sebelum pada akhirnya kandas di tangan Jerman Barat yang menyabet gelar sebagai Juara Piala Dunia pada 1974.Permainan yang cantik dan dinamis Belanda di Piala Dunia adalah bukti dari kejeniusan Cruyff mengolah si kulit bundar di lapangan. Dengan sentuhan magis dari pelatih bertangan dingin macam Rinus Michel, Cruyff mampu menggedor pertahanan lawan dengan mudah dan menciptakan permainan yang dinamis. Sungguh cantik! Gaya menyerang hasil racikan Rinus Michel itulah yang hingga kini kita kenal sebagai Total Football! Gaya khas permainan sepak bola Belanda. Belanda merupakan salah satu tim yang tangguh dan paling ditakuti saat itu. Semua lawan dalam pertandingan-pertandingan besar macam Piala Dunia dan EURO mampu dilewatkan dengan hasil gemilang. Tetapi, selalu saja tim yang memiliki ciri khas jersey berwarna orange ini terhenti di tengah jalan. Maka De'Oranje (julukan lain squad Belanda) diberi gelar sebagai tim juara yang belum pernah juara. Hanya satu gelar bergengsi yang pernah diraih squad ini, EURO 1988. Itu pun di masa keemasan Van Basten, bukan Johan Cruyff!! Sungguh dramastis.. Padahal . . . . . . (ahh, lanjut aja, deh) >.<

Jika Cruyff merupakan seorang pesepakbola, lalu apa maksudnya "Bahasa Cruyffian" yang disebut-sebut melegenda? Susunan kata yang dilontarkan pria kelahiran Amsterdam, 25 April 1947 itu tidak sesuai dengan tata cara atau struktur bahasa Belanda (Nederlandsche). Bahkan ketika mulai menyadari "Bahasa Cruyffian", publik ada yang mengundang kontroversi karena Cruyff sekarang bekerja sebagai komentator sekaligus analisis sepak bola di sebuah stasiun televisi swasta di Belanda. Wow, sungguh menakjubkan!Berikut ini beberapa kata-kata Cruyff atau "Bahasa Cruyffian" yang telah mengundang kontroversi :

1) Kebetulan adalah hal yang logis.

2) Kamu tidak akan mencapai hal apapun sebelum kamu mengerti hal itu.

3) Jika kita menguasai bola, lawan tidak akan mencetak gol.

4) TimNas Italia tidak bisa mengalahkan kita, tetapi kita bisa kalah dari mereka.

5) Tidak masalah jika lawan mencetak gol selama kita mencetak satu gol lebih dari mereka

Itulah beberapa kalimat Cruyff yang sangat mengundang kontroversi di dunia. Yaa.. bagi yang belum tahu, sih, kurang informatif namanya! Hahahaha.. ^.^Kalau menurut gw sendiri, sih, "Bahasa Cruyffian" itu adalah sebuah sensasi yang dicetuskan oleh Cruyff yang kini telah beralih profesi menjadi seorang analisis sepakbola. Mungkin menurut beberapa orang yang mengkritisi kalimat-kalimat Cruyff tersebut, kata-kata yang dicetuskan oleh punggawa Belanda bernomor punggung 14 ini aneh. Tapi kalau dilihat-lihat kembali, kalimat-kalimat tersebut sebenarnya ada benarnya juga, tetapi lebih tepatnya disebut multitafsir. Logis tapi juga mengundang berbagai pertanyaan. Tapi, coba kalian teliti kembali contoh-contoh "Bahasa Cruyffian" di atas! Cobalah temukan sendiri misteri yang ada di dalam setiap katanya, di dalam setiap kalimatnya. Maka kalian akan mengetahui apa yang sesungguhnya ingin disampaikan Cruyff melalui tata bahasanya yang menyalahi aturan di negrinya sendiri! Gw udah nyoba dan udah menemukan sendiri makna tersirat di dalam kalimat-kalimat "aneh" dari Sang Legenda Sepakbola Belanda dan juga DUNIA ini! Sekarang giliran kalian..Ini asli, lho.. Bukan fiksi atau karangan yang tidak bermutu!! Sumber-sumbernya pun gw dapatkan langsung dari beberapa situs sepakbola dan juga koran-koran ternama.. Plus ditambah gaya penulisan dan penyampaian gw yang menarik (hehehe) dan juga tanggapan gw!!

Jadi, ini FAKTA..Gimana, nambah informasi, kan, buat kalian???
Ini gw kasih liat aksi Cruyff semasa karirnya di lapangan!! Keren banget, kan?? Nah, kalau gambar yang sebelum-sebelumnya itu adalah gambar logo KNVB atau Koninklijke Nederlansche Voetbal Bond atau Asosiasi Sepak Bola Belanda. Dan foto yang paling atas itu adalah foto Cruyff yang diambil tahun lalu saat Cruyff menonton pertandingan sepakbola di Amsterdam Arena.

Aksi Cruyff semasa karirnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar